Hakikat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Serta Manfaat TIK Bagi Pendidikan Luar Sekolah

Sebelum membahas hakikat TIK serta manfaatnya bagi pendidikan luar sekolah alangkah baiknya kita ketahui dahulu apa itu hakikat dan apa itu pendidikan luar sekolah .

1.Hakikat
Hakikat adalah kalimat atau ungkapan yang digunakan untuk menunjukan makna atau arti yang sebenarnya atau makna yang paling dasar dari suatu benda,kondisi atau pemikiran.Jadi hakikat TIK yaitu makna yang sebenarnya atau makna yang paling dasar dari TIK tersebut.

2.Pendidikan Luar sekolah
Pendidikan luar sekolah adalah pendidikan yang dirancang atau dibuat untuk membelajarkan warga belajar yang dilaksanakan diluar sistem pendidikan formal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan warga belajar tersebut.contohnya : pendidikan keaksaraan ,pendidikan kesetaraan (paket a,paket b,paket c),pendidikan keterampilan dan masih banyak lainnya .
        Mungkin itu menegenai pemahaman dasar tentang pengertian hakikat dan pengertian pendidikan luar sekolah,selanjutnya saya akan bahas mengenai hakikat tik serta manfaatnya bagi pendidikan luar sekolah.

A.Hakikat Teknologi Informasi
    Berikut defenisi teknologi informasi menurut para ahli:
   a).menurut Everett MR (1986) mengatakan bahwa teknologi informasi merupakan perangkat keras yang          bersifat organisatoris dan meneruskan nilai nilai sosial dengan siapa individu atau banyak orang (umum) mengumpulkan ,memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu dan khalayak lain.
    b).Lucas (2000) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan (digunakan) untuk memperoses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, micro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak, pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (worksheet) dan peralatan komunikasi dan jaringan
   c).Wawan Wardiana (2000) mengemukakan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, memanipulasi data berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.


Dari pendapat yang diajukan para ahli tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi informasi adalah sebuah alat atau teknologi yang digunakan untuk memperoleh berita (informasi).kesimpulan pengertian ini tak lepas dari arti teknologi dan informasi dalam kamus besar bahasa indonesia .jika teknologi yang dimaksud menggunakan alat elektronik yang dapat berupa komputer ,smartphone dan lainnya ,maka sangat jelas teknologi informasi dapat didefenisikan sebagai sebuah proses pengolahan data yang berupa informasi dengan menggunakan perangkat komputer dan lainnya yang berfungsi memproses termasuk menyimpan dan menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya.jadi intinya teknologi informasi adalah teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.

B. Hakikat Teknologi Komunikasi
    Teknologi Komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lain.
        Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi komunikasi adalah alat yang mengendung nilai nilai sosial (misalnya berinteraksi dengan orang lain, bertukar pendapat ) yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses dan saling tukar  menukar informasi dengan individu individu lainnya.contoh:handphone yang digunakan untuk menelfon,saling berkomunikasi dengan sms,whatsapp,bbm dan lainnya.

Jadi perbedaan hakikat teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah teknologi informasi lebih menekankan pada diperolehnya informasi oleh individu sedangkan teknologi komunikasi lebih kepada saling berinteraksi dengan menggunakan teknologi tersebut atau saling bertukar pikiran.

C.Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pendidikan Luar Sekolah
    Seiring berkembangnya zaman tentu teknologi semakin berkembang pesat,oleh karena itu kita harus bisa memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dengan sebaik mungkin,tentu saja jika kita tidak ingin ketinggalan zaman dan ketinggalan informasi.Begitu juga dengan pendidikan luar sekolah,berkembangnya teknologi tentu juga memiliki banyak manfaat bagi PLS,berikut manfaat perkembangan TIK bagi Pendidikan Luar Sekolah :

  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.     informasi informasi terbaru mengenai perkembangan pendidikan luar sekolah akan semakin mudah diakses.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Berkembangnya metode metode pendidikan baru.Misalnya belajar berbasis IT,Belajar berbasis aplikasi.metode ini sedang sangat berkembang saat ini misalnya belajar hanya dengan melihat video tutorial yang dibagikan menggunakan aplikasi tertentu.
  5. Mudahnya melakukan pelayanan administrasi disuatu lembaga pendidikan.contohnya:pendaftaran masuk bimbel,pelatihan keterampilan sudah dilakukan secara online.
  6. Mudahnya berkomunikasi antara lembaga pendidikan luar sekolah dengan lembaga pendidikan luar sekolah di daerah lainnya .
  7. Terciptanya bidang bidang pelatihan keterampilan baru,misalnya pelatihan keterampilan merakit komputer,pelatihan keterampilan memperbaiki handphone dan lainnya. 
  8. pembelajaran akan berlangsung lebih efektif dan efisien jika memanfaatkan teknologi dengan sebaik baiknya
Mungkin sekian postingan saya pada kesempatan kali ini,semoga informasinya berguna sehingga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat bagi yang membacanya.

Referensi:


Hakikat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Serta Manfaat TIK Bagi Pendidikan Luar Sekolah Hakikat Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Serta Manfaat TIK Bagi Pendidikan Luar Sekolah Reviewed by Muhammad Novri on 10:25 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Theme images by andynwt. Powered by Blogger.