Mengetahui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Globalisasi memicu kecenderungan pergeseran dalam setiap aspek kehidupan manusia,termasuk dalam dunia pendidikan.Mulai dari pendidikan tatap muka sekarang kearah pendidikan yang lebih terbuka.Seiring perkembangan zaman dan perkembangan teknologi ini pendidikan sekarang lebih fleksibel sehingga pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dan seiring perkembangan zaman itulah yang membuat munculnya model model pembelajaran baru seperti halnya pembelajaran berbasis TIK.Pada pembahasan kali ini saya akan coba jelaskan tentang Pembelajaran berbasis TIK,Pendekatan intruksional dalam pembelajaran   berbasis TI dan Kemampuan yang dituntut bagi penyelenggara TIK

1. PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

    Pembelajaran berbasis tik bisa dikatakan sebagai upaya yang dilakukan dalam memanfaatkan kemajuan  teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran tersebut.Peranan TIK disini  lebih ditekankan sebagai media pendudkung atau alat bantu bagi pendidik dalam upaya penyampaian informasi kepada peserta didik.Pembalajaran adalah proses penyampaian informasi dari pendidik kepada peserta didik sedangkan TIK adalah alat yang digunakan untuk mempermudah penyampaian informasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis TIK adalah kegiatan penyampian informasi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dengan menggunakan alat bantu berupa perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi tersebut.contoh pembelajaran berbasis TIK ini misalnya penggunaan power point dan infocus dalam pembelajaran,vidio pembelajaran ,animasi dan lainnya.

2. PENDEKATAN INTRUKSIONAL DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

    Pendekatan pembelajaran merupakan istilah yang melingkupi seluruh proses belajar mengajar. Pendekatan dan strategi pembelajaran mempunyai makna yang sama untuk menjelaskan bagaimana proses seorang  guru mengajar dan peserta didik belajar dalam mencapai tujuan. Dalam pendidikan berbasis TIK  pendekatan instruksional digunakan dalam rangka bisa mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi yang akan digunakan sehingga pembelajaran bisa berhasil sesuai tujuannya.Peserta didik bisa mengetahui arah belajarnya dan pendidik mampu menjelaskan maksud dantujuan pembelajarannya dengan  menggunakan TIK tersebut sehingga peserta didik semakin tertarik.

3.  KEMAMPUAN YANG DITUNTUT BAGI PENYELENGGARA TIK

TIK dapat dimanfaatkan untuk peningkatan dan pengembangan kemampuan professionalitas bagi penyelenggara Pendidikan baik itu guru ataupun dosen yang sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaranTIK juga sangat mempermudah serta membantu siswa dan guru dalam pembelajaran.
Semakin meluasnya kemungkinan penggunaan internet dan berkembangnya TIK dalam pendidikan dan pelatihan menuntut pengelola pendidikan untuk mampu mengintregasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam lingkungan belajar mulai dari fase desain, pengembangan, penerapan, dan pemeliharaan. Setidaknya ada tiga pihak yang dituntut kemampuanya agar TIK bisa terselenggara yaitu pihak lembaga, pengelola dan Guru/dosen. Kemampuan yang dituntut sebagai berikut ini.

1. Kemampuan tuntutan untuk kelembagaan yaitu situasi dan kondisi yang kondusif yang bisa menunjang berjalannya proses TIK ini
2. Kemampuan untuk pengeloala yaitu sebagai berikut
a).Mampu untuk meyakinkan atau menemukan nilai nilai baik yang terdapat pada teknologi informasi dan komunikasi.
b).Mampu memahami mengenai pengaruh psikologis pelatihan yang menggunakan system virtual pada kewajiban pendidik.
c).Mampu untuk menyesuaikan budaya dan sikap lembaga dalam penggunaaan sistempendidikan berbasis TIK ini
d).Mampu menganalisa efek positif dan negatif dari pembelajaran berbasis TIK .
e).Mampu memahami setiap alat baik hardware maupun software dan memahami keterbatasannya.

    Tuntutan kemampuan pendidik sebagai berikut ini.
a.  Memiliki sikap positif terhadap Teknologi Informasi (TI) (positive attitdes to IT)
b.  Memahami potensi pendidikan dalam TIK.
c.  Mampu menggunakan TIK dalam kuriklum secara efektif.
d. Mampu mengelola penggunaan TI di dalam kelas.
e. Mampu menilai penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi.
f.  Mampu meyakinkan adanya perbedaan dan kemajuan.
g. Mampu menyesuaikan diri dengan pembaruan pembaharuan yang 
    ada pada teknologi informasi dan komunikasi.

Terselenggaranya pendidikan berbasis TIK yang baik dan efektif tentu tidak lepas dari peranan individu individu yang terlibat didalamnya.Individu yang cerdas tentu harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan teknologi.Diharapkan dengan terseleggaranya pendidikan berbasis TIK yang sesuai tujuan mampu membuat dunia pendidikan semakin berkembang tentunya kearahyang lebih baik.

Referensi:
Haryanto , Edy. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan
 Perkembangannya.Yogyakarta: Penerbit ANDI

Kadir, Abdul.2003.Pengenalan Sistem Informasi.Yogyakarta:Penerbit ANDI
Mengetahui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengetahui Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Reviewed by Muhammad Novri on 11:08 AM Rating: 5

1 comment:

Terima kasih atas kunjungannya. Theme images by andynwt. Powered by Blogger.