TIK Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Tutor dan Warga Belajar


1.Konsep Komunikasi di Dunia Maya.
Komunikasi adalah penyampaian pesan yang dilakukan oleh individu ke individu lain atau kelompok ke kelompok lain dan yang menerima pesan/informasi memberikan umpan balik sehingga terjadi hubungan timbal balik antara keduanya terhadap pesan/informasi yang disampaikan.


         Istilah dunia maya muncul pertama kalinya untuk merujuk pada jaringan informasi luas yang oleh para penggunanya disebut console cowboys akan muncul atau koneksi langsung dengan sistem syaraf mereka.Lalu ada sebuah konsep dikembangkan oleh Gibson yang menyatakan bahwa "dunia maya adalah realita yang terhubung secara global ,didukung oleh alat alat teknologi komputer,akses internet,multidimensi dan virtual.Dimana dalam hal ini komputer adalah sebuah jendela, terlihat dan terdengar objek objek yang bukan bersifat fisik,namun lebih merupakan gaya,karakter dan pembuatan informasi murni.
      Komunitas maya  pada buku The Virtual Community ,karangan Howard Rheingold (1993) menyebutkan bahwa komunitas maya adalah komunitas yang lebih banyak muncul didunia komunikasi elektronik daripada di dunia nyata.Orang orang dari seluruh dunia yang memiliki ketertarikan yang sama dapat berkumpul untuk membicarakan sesuatu dalam dunia maya.Salah satu bentuk yang paling digemari saat ini adalah twitter,facebook,instagram,path dan masih banyak lainnya.
    Jadi dapat disimpulkan komunikasi dunia maya adalah komunikasi atau hubungan timbal balik antara individu/kelompok dengan individu/kelompok lainnya yang lebih banyak dilakukan di dunia komunikasi elektronik daripada di dunia nyata yang didukung oleh alat alat teknologi seperti komputer,dan lainnya

2.Manfaat Komunikasi Virtual
     Terdapat banyak manfaat dalam komunikasi virtual ini diantaranya :

  • Mempercepat,komunikasi atau pertukaran informasi bisa dilakukan dengan cepat .Meskipun komunikasi dilakukan dalam kondisi jarak yang jauh ,tidak perlu menunggu waktu yang lama. 
  • Memudahkan, apabila sudah menguasai teknis operanional atau cara pengguanaanya dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan, proses komunikasi bisa dilakukan dengan sangat mudah.
  • Komunikasi virtual bisa dilakukan secara real time dan juga unreal time .Secara real time maksudnya komunikasi dilakukan secara langsung. Komunikator dan komunikan berinteraksi pada waktu yang sama,tanpa penundaan waktu untuk memberi respon atau pesan yang diterima (syncronus system). Sedangkan un real time yaitu kebalikan dari yang real time ,ada penundaan waktu respon atas pesan pesan yang disampaikan oleh pihak yang berkomunikasi(ansyncronus system)
  • Bisa individual atau grup.komunikasi virtual bisa dilakukan baik secara one to one (satu orang dengan satu orang) maupun secara kelompok.
  • Jumlah dan jenis pesan bisa besar dan beragam .manfaat lainnya dari komunikasi virtual ini adalah jumlah pesan atau informasi yang diberikan bisa banyak dan beragam dalam berbagai bentuk seperti :teks,suara,gambar bahkan bisa gabungan antara ketiganya.
       Manfaat dalam segi pendidikan
  • Mempermudah dalam pelaksanaan proses pendidikan.contohnya penetapan waktu belajar bersama,belajar kelompok, bertemu dengan guru,dosen dan lainnya.
  • Mempercepat dalam penyampaian informasi yang akan disampaiakan .contonya :informasi yang disampaikan oleh ketua kelas kepada teman teman lainnya, dari guru kepada peserta didiknya,dari kepala sekolah kepada guru dan sebaliknya.
  • Bisa berkomunikasi secara realtime maupun unrealtime.contohnya: real time misalnya ada info penting yang akan disampaikan oleh guru kepada peserta didiknya,maka dapat dilaksanakan komunikasi realtime contohnya dengan menelfon langsung ,video call dan lainnya.sedangkan unreal time contohnya menanyakan tugas kuliah kepada teman melaui chatt bbm,facebook,twitter yang dilakukan secara tidak langsung.
Beberapa contoh media untuk komunikasi virtual saati ini seperti facebook, twitter, instaram,bbm dan masih banyak lainnya.

referensi:klik disini

3.Jenis jenis komunikasi  TIK dalam pendidikan
   Ada beberapa jenis komunikasi dunia maya yang bisa dilakukan ,yaitu  komunikasi menggunakan email,milis,chatting dan facebook.
a. Email 
    merupakan kependekakan dari electronic mail,dalam bahasa indonesia artinya

 Jenis-jenis Komunikasi

Ada empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan,yaitu komunikasi menggunakan atau memanfaatkan fasilitas E-mail,Milis,Chatting,dan Facebook.
     a.    E-mail
E-mail merupakan kependekan dari electronic mail,dalam bahasa indonesia artinya surat elektronik.Kata e-mai itu sendiri merujuk pada dua hal,pertama,e-mail merupakan suatu jenis program aplikasi atau fasilitas berbasis internet yang dirancang untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik.Ada beberapa aplikasi e-mail antara lain Yahoo Mail,Gmail,Hotmail AOL,Sina,126,163,Daum dan sebagainya.Program ini digunakan untuk membaca,mengirim,dan menyimpan e-mail.

Kedua e-mail yaitu surat elektronik.Surat elektronik adalh surat yang dibuat,dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektroniks yang dibuat,dikirim dan atau diterima dalam bentukdata yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet.
    b.    Milis
Milis atau mailing list adalah layanan di dalam internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail.Salah satu penyedia mailin g list(server) yang paling terkenal adalah Yahoo.Untuk bisa melakukan diskusi di mailing list,kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list,misalnya di Yahoo Groups.Apabila sudah banyak pendaftar atau banyak yang ikut bergabung dengan kelompok baru kita,disini kita harus bisa mengelola keberadaan para milis.Di antaranya pengelolaan status anggota misalnya sebagai anggota(member),moderator atau sebagai owner.Termasuk menghapus dari keanggotaan milis.
     c.    Chatting
Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (inggris) artinya ngobol.Chatting dalam dunia internet artinya program yang tersedia yang digunakan untuk ngobrol atau berinteraksi via internet.Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan program ini,yaitu komunikasi lewat tulisan,komunikasi dengan suara,komunikasi dengan gambar,bisa mengirim file,juga bisa mengirim pesan singkat(sms).Chatting bisa dilakukan berdua saja atau rame-rame dengan banyak orang.Untuk ngobrol dengan banyak orang bisa menggunakan fasilitas chatt room.
Chatting bisa dilakukan karena adanya perangkat lunak atau software.Terdapat sejumlah perangkat lunak yang dewasa ini bisa digunakan di antaranya yaitu:Mirc,Msn messenger,Icq,GotoWorld,Yahoo messenger,dan yang lainnya.Perangkat yng paling banyak igunakan adalah Yahoo messenger,karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan menarik yaitu:chat lewat suara(voice chat),Chat sambil tatap muka lewat kamera(webcam),melakukan oanggilan dari kompputer ke komputer (PC to Pc all),melakukan panggilan dari komputer ke telepon (PC to phone call),melakukan panggilan dari telepon ke komputer(phone to PC call),ruang-ruang chat (chat rooms),mendengarkan radio online(launch cast  radio),mengirim file(file transfer),bermain game dengan lawan chat (Yahoo! Games),ngobrol dengan beberapa orang sekaligus (conference) dan sebagainya.
    d.Facebook
      Facebook merupakan salah stu program aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet,disamping program lainnya.Pencetus dan pengembang program aplikasi ini adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Universitas Hanvard.Tjuan awal dari dikembangkannya facebook ini yaitu sebagai media untuk saling mengenal antar mahasiswa Harvard,saling mengenal jati diri sekampusnya dengan tanmpa harus bertatap muka langsung.
   
   referensi :
   Kadir, Abdul.2003.Pengenalan Sistem Informasi dan Komunikasi.Yogyakarta.Penerbit ANDI


TIK Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Tutor dan Warga Belajar TIK Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Tutor dan Warga Belajar Reviewed by Muhammad Novri on 11:56 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih atas kunjungannya. Theme images by andynwt. Powered by Blogger.